cara asik belajar matematika

Cara Asik Belajar Matematika

Dewiramedia.com Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang terkadang tidak disukai para pelajar. Namun mengapa hal tersebut bisa terjadi? Alasan yang biasanya mimin jumpai sangatlah bermacam-macam, mulai dari tidak hafal rumus, tidak jago hitung-hitungan, pelajaran yang membosankan, hingga guru matematikanya menyebalkan.

Menurut mimin, pelajaran matematika tidaklah sulit bahkan sangat mudah. Mengapa?

Sebab ada 3 keunggulan yang belum tentu ada di mata pelajaran lain :

  • Matematika merupakan ilmu pasti. Dari dulu hingga sekarang, rumus matematika sama saja (ya itu-itu saja), lain halnya dengan ilmu pengetahuan sosial/sejarah/ekonomi yang terkadang dari waktu ke waktu sering berubah-ubah pembahasannya.
  • Jika kita tahu rumus dasar-dasar matematika, maka kita bisa mencerna berbagai bab yang ada di dalam mata pelajaran.
  • Memecahkan soal matematika seru (jika kita paham banget) dan bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

 

Namun, semuanya butuh proses agar kalian bisa memahami pelajaran matematika ini. Dari sini, kita akan membahasa mengenai bagaimana cara belajar matematika yang asik dan mudah. Dari pada penasaran yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Niat dan Ubah Mindset Kalian

 

Pertama kali yang harus kalian lakukan adalah niat. Yakinkan kepada diri anda bahwa niat kalian saat ini adalah belajar sungguh-sungguh dan mengubah mindset bahwa mata pelajaran matematika itu tidaklah rumit. Sugesti positif yang timbul di dalam diriĀ  kalian tersebut nantinya akan memberikan energi yang positif juga ke dalam jiwa kalian sendiri. Dengan begitu, kalian bisa termotivasi dan tidak gampang menyerah ketika belajar matematika.

 

 

2. Catat Rumus Dengan Tulisan yang Enak di Baca

 

Mencatat rumus matematika dengan rapi ternyata berdampak positif bagi kalian sendiri, sebab ada studi yang membahas kalau mencatat bisa melatih daya ingat.

 

3. Mencari Suasana atau Tempat Belajar Yang Menyenangkan

Agar meningkatkan kosentrasi dalam belajar matematika, kalian bisa mencari tempat atau suasana yang paling menyenangkan dan bisa membuat moodmu bertambah. Ada beberapa contoh tempat yang bisa kalian gunakan untuk belajar matematika seperti taman, perpustakaan, coffe shop, tempat dengan pemandangan alam yang menakjubkan (tempat terbuka), dan sebagainya.

 

4. Pahami Bukan Hafalkan Rumus

 

Banyak yang tidak menyadari bahwa terkadang kita sering menghafalkan rumus matematika dari pada memahaminya. Hal ini ternyata tidak efektif jika diterapkan di pelajaran matematika. Sebab, jika menghafal rumus matematika hanya bisa bertahan dalam waktu dekat saja, sebaliknya jika kita memahami rumus-rumus matematika, kita akan senantiasa hafal dengan sendirinya rumus-rumus tersebut.

 

Dengan memahami rumus matematika, kita akan mengetahui cara rumus tersebut diperoleh, mengerti jenis soal yang nantinya akan dijawab, dan sebagainya.

 

5. Sering Latihan Soal Matematika

 

Seringlah belajar latihan soal matematika, sebab kalian akan memahami berbagai jenis soal yang tidak mudah ketebak. Jadi jika ujian, tidak gugup menghadapi berbagai macam soal matematika yang ada.

 

6. Bertanyalah Jika Tidak Tau

 

Jika tidak paham mengenai soal atau rumus yang dibahas, kalian bisa menanyakan secara langsung kepada teman atau guru. Dengan begitu, belajar matematika bisa asik dan menyenangkan. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana cara mengerjakan soal matematika dengan trik jitu di berbagai sumber seperti internet, guru les, atau teman kalian sendiri.

__Terbit pada
Februari 25, 2022
__Kategori
News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.