Penggunaan Teknologi tidak ada bedanya dengan kehidupan kita sebagai orang Indonesia. Tidak jarang kami juga menemukan hal-hal baru yang kemudian ditingkatkan dengan penggunaan teknologi yang ada

Cara Penggunaan Teknologi yang Tidak Maksimal

Dewiramedia.com – Penggunaan Teknologi tidak ada bedanya dengan kehidupan kita sebagai orang Indonesia. Tidak jarang kami juga menemukan hal-hal baru yang kemudian ditingkatkan dengan penggunaan teknologi yang ada, dan hal ini menyebabkan pemahaman yang lebih besar tentang teknologi yang beredar di masyarakat luas.

Di sini kita akan membahas Penggunaan Teknologi. Tidak sulit menemukan berbagai teknologi di sekitar kita. Bahkan, seiring berjalannya waktu, teknologi telah menjadi sesuatu yang hampir bisa menyamai kebutuhan dasar.

Bagaimana Cara Penggunaan Teknologi yang Tidak Maksimal?

Beberapa barang yang seolah-olah teknologi maju pesat dapat dengan mudah terlihat setiap hari, misalnya TV yang dulu dikenal dengan istilah tabung, kini menjadi lebih tipis, bahkan beberapa model TV terbaru saat ini memiliki bingkai yang sangat tipis. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan dan penggunaan teknologi tidak merata di Indonesia.

Kita bisa melihat dengan jelas di beberapa desa atau dusun di daerah terpencil. Hal ini tidak mengherankan, karena merupakan fakta yang diketahui secara luas. Salah satu hal paling sederhana yang disadari banyak orang ketika kita berbicara tentang teknologi adalah Internet.

Internet memiliki banyak arti, baik dari pengetahuan para ahli maupun dari sumber yang tepat, namun yang jelas dalam kehidupan sehari-hari internet digunakan untuk mengakses sesuatu terutama benda-benda digital.

Di perkotaan, internet mudah ditemukan, meskipun umumnya tersedia di mana-mana, ketiadaan fasilitas internet akan menimbulkan pertanyaan besar dari masyarakat perkotaan. Namun, selalu ada kebalikan dari segalanya, termasuk pengiriman internet, di mana pengiriman layanan internet tidak merata di berbagai pelosok Indonesia.

Bahkan secara sederhana di bidang teknologi, masih belum merata di Indonesia. Namun, meskipun internet dapat diakses di beberapa daerah terpencil, tidak dapat dipungkiri bahwa pemahaman masyarakat tentang daerah terpencil dalam teknologi masih bisa dikatakan kurang.

Beberapa contoh sederhana kurangnya keterampilan dalam menggunakan teknologi di daerah terpencil, seperti menggunakan sapi untuk membajak sawah, menanam tanaman dengan cara yang paling sederhana, memasak dengan alat tradisional, tidak salah jika masih digunakan. Namun hal ini cukup menunjukkan bahwa persebaran teknologi dan keterampilan pemanfaatannya masih buruk.

Kita semua dapat sepakat bahwa penggunaan teknologi dapat membantu kita semua melakukan berbagai hal dengan lebih efisien dan lebih terarah. Sangat disayangkan melihat ketidakpastian distribusi teknologi di Indonesia. Namun, dari segi pemerataan dan keterampilan, kita tidak bisa hanya fokus pada masyarakat di pedesaan

Daerah  terpencil yang kesulitan mengakses fasilitas karena banyak orang, bahkan di perkotaan, masih belum memiliki akses terhadap teknologi yang mereka miliki.Contoh lainnya adalah tenaga pengajar di berbagai sekolah. Faktanya, masih banyak guru di Indonesia yang masih dihebohkan dengan teknologi untuk menunjang pembelajaran.

Manfaat Peggunaan Teknologi

  1. Teknologi berfungsi sebagai alat bantu bagi pengguna dan siswa dalam mengelola proses pembelajaran. Contohnya untuk pengolah kata, angka, widget, database, administrasi aplikasi, dan lainnya.
  2. Teknologi berfungsi sebagai ilmu. Teknologi harus dikuasai oleh siswa sebagai bagian dari disiplin ilmu. Misalnya, di perguruan tinggi, mahasiswa akan mempelajari TIK sebagai bagian dari ilmu pengetahuan seperti manajemen informasi, ilmu komputer. Pada saat yang sama, untuk siswa sekolah menengah, pelajaran TIK juga harus dikuasai sebagai bagian dari kurikulum.
  3. Teknologi sebagai bahan dan alat bantu belajar (literasi). Teknologi didefinisikan sebagai bahan pembelajaran dan alat untuk mendukung kemampuan komputer. Siswa diinstruksikan untuk menguasai kemampuan ini. Teknologi digunakan sebagai fasilitator, motivator, transmitter dan evaluator.

Itulah ulasan tentang Penggunaan Teknologi, dalam hal ini kita dapat melihat bahwa teknologi benar-benar berkembang. Ini memudahkan kami dalam teknologi kami. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

__Terbit pada
April 29, 2022
__Kategori
Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.