Berikut Ini adalah Pengertian Pendidikan, Fungsi, Definisi, dan Tujuannya (cherishacademy.sch.id)

Pengertian Pendidikan, Fungsi, Definisi, dan Tujuannya

Dewiramedia.com – Pengertian pendidikan merupakan suatu hal yang perlu Anda pelajari, dan pastinya mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata pendidikan. Namun masih ada diantaranya yang masih belum mengetahui penuh tentang pengertian, fungsi, definisi dan tujuan pendidikan.

Akan tetapi Anda tidak perlu risau, karena dalam artikel ini kita akan membahas semua  pengertian arti dan definisi tentang pendidikan. Untuk itu, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai.  Karena di artikel ini kita akan membahas semua yang berkaitan dengan pendidikan. Berikut penjelasannya

Pengertian Pendidikan, Definisi, dan Tujuannya

Sebelum kita membahas tentang seputar pendidikan sebaiknya Anda harus mengetahui beberapa pengertiannya terlebih dahulu. Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha untuk merubah sistem pola pikir seseorang supaya dapat mencapai taraf hidup untuk menuju yang lebih baik. Lalu Apa pengertian dari pendidikan?

Pengertian Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu rencana untuk menciptakan seseorang dapat mengetahui pengetahuan yang lebih. Sehingga mereka dapat lebih terampil dan mengetahui pengetahuan yang lebih luas.

Baca Juga ! Pendidikan Menurut Para Ahli dengan Berbagai Pengertian

Informasi Seputar Dunia Pendidikan dapat dibaca DISINI

Ada juga yang mengatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu usaha sadar yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan mewujudkan suasana belajar yang nyaman sehingga seseorang tersebut dapat mewujudkan dan mengembangkan potensi dirinya. Dengan adanya pendidikan, seseorang akan memiliki sebuah kepribadian yang baik, kecerdasan, dan juga sebuah keterampilan yang sangat bermanfaat untuk diri sendiri dan tentunya pada masyarakat.

Namun di zaman sekarang pendidikan lebih berkurang dari pada zaman dulu. Karena sekarang seseorang lebih disibukkan dengan gadget terutama anak-anak. Apalagi sekarang juga masih masa pandemi dan sekolah juga dilakukan secara daring pastinya membuat anak lebih suka bermain daripada belajar. Namun sebagai orangtua juga harus pandai-pandai dalam mensiasati.

Tujuan Pendidikan 

Selain pengertian pendidikan pastinya ada juga salah satu tujuan pendidikan yaitu, Agar dapat mencerdaskan dan mengembangkan potensi atau keahlian yang dimiliki oleh seseorang. Dengan berkembangnya potensi melalui pendidikan nantinya seorang Anak akan memiliki ilmu pengetahuan, kreativitas, kepribadian yang bertanggung jawab dan baik.

Adapun tujuan pendidikan yang sudah disebutkan dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 1985 yang mengatakan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar dapat menjadi manusia yang beriman serta takwa terhadap tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif serta agar dapat menjadi masyarakat yang demokratis dan bertanggung jawab.

Fungsi Pendidikan

Tak lupa dengan fungsinya, selain mengetahui pengertian pendidikan Anda juga harus mengetahui fungsi pendidikan. Fungsi dari pendidikan yakni agar dapat membangun serta mengembangkan minat bakat seseorang demi kepuasan pribadi dan pastinya untuk kepentingan umum. Membantu berperan sebagai seseorang yang dapat melestarikan kebudayaan masyarakat. Menanamkan keterampilan serta bakat yang dibutuhkan pada saat melakukan demokrasi.

Definisi Pendidikan

Definisi pendidikan adalah salah satu proses pengubahan sikap dan juga penerapan perilaku yang baik atau bisa disebut juga proses pendewasaan seseorang. Hal ini bertujuan supaya peserta didik dapat berpikir secara logis dan dapat memberikan pendapat yang baik.

Dengan banyaknya seseorang yang berpendidikan juga akan berpengaruh terhadap kualitas negara dan kehidupannya. Apalagi seseorang yang memiliki banyak prestasi dan kemampuan berpikir yang cerdas. Pastinya akan menjadi aset dan menjadi kebanggaan suatu negara. Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan sebuah pendidikan khususnya pelajar.

Seperti itulah kurang lebih pengertian pendidikan, fungsi, definisi dan tujuan pendidikan. Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan. Maka dari itu, jangan sia-siakan prosesmu dengan bermain hal-hal yang tidak bermanfaat.

__Terbit pada
Oktober 23, 2021
__Kategori
Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.